"Menuju indonesia baru"

Mindset Baru Tentang Karyawan

       


Ada fenomena yang menarik tentang "profesi karyawan". Pada satu sisi, sebagian orang sngat mendambakan pekerjaan atau status sebagai karyawan agar mempunyai penghasilan tetap dan bisa hidup stabil setiap bulannya. Bisa menjadi karyawan, bagi mereka sudah dianggap sebagai sebuah keberuntungan mengingat rasio pencari kerja dengan lapangan kerja yang tersedia di negeri ini sangatlah tidak sebanding. Ditambah lagi bahwa kondisi perekonomian yang terasa makin sulit dan menyesakkan dada, semakin menguatkan keinginan orang untuk menjadi karyawan.
           Pada satu sisi yang lain, ada sebgian orang yang sudah bekerja memandang profesi karyawan sebatas "apa adanya". Karyawan, ya begitulah yang penting penghasilan tetap daripada jadi pengangguran yang tak punya penghasilan tetap. Hanya sebagian kecil yang memandang profesi karyawan sebagai sesuatu yang berarti,bernilai lebih. Di sinilah sesungguhnya masalah mulai menari. Sebab tanpa sadar, ada kecenderungan dari para karyawan sendiri untuk menilai statusnya. " Ah,kita kan cuma karyawan!" Ungkapan pesimis dan rendah hati semacam itu yang justru sering terdengar.
          Tapi baiklah, secara prinsip nyaris semuanya terjebak pada sebuah "Mindset",paradigma bahwa karyawan semata-mata sebgai "orang gajian". Orang yang menjual tenaga,pikiran atau keterampilannya dan mendapatkan gaji sebgai imbalan. Paradigma inilah yang membuat kebanyakan karyawan tetap menjadi " Karyawan apa adanya" seumur hidup mereka. Paradigma ini pula yang sering tanpa sadar melahirkan berbagai pernyataan dan sikap pesimis serta rendah diri dari para karyawan sendiri.
          Karyawan, sesungguhnya jauh lebih luhur dan luar biasa. Karyawan, artinya orang yang membuat atau melahirkan sebuah "KARYA". Dalam kata "karya" (apa pun) mengandung sebuah proses kreatif, atau proses penciptaan. Sebagai esensinya dengan proses penciptaan manusia sendiri  sebagai KARYA Allah SWT.
Jadi tegasnya, karyawan bukanlah melulu orang gajian , orang yang bekerja dan lalu mendapatkan imbalan dari perusahaan atau majikannya. Paradigma Karyawan adalah " Manusia yang melahirkan Karya".
            "Jika engkau hanya menginginkan perubahan kecil dalam hidupmu, ubahlah perilakumu.
 Jika engkau menginginkan perubahan besar dalam hidupmu, ubahlah paradigma." - Stephen Covey




0 komentar:

Post a Comment

Aturan berkomentar :

1. Penggguna yang terdaftar
2. Gunakan bahasa yang santun dan sopan
3. Dilarang SPAM
4. Dilarang menaruh link aktif dan link porno
5. Jika ada suatu permasalahan lihat komentar lain atau bisa kirim via e-mail

Mindset Baru Tentang Karyawan