"Menuju indonesia baru"

Aki untuk power audio



Perlu diketahui bahwa faktor penting kualitas suara dari sistem audio sangat bersinggungan dengan asupan listrik yang diterima, maka supaya bisa mencerna suara dengan benar kenali kebutuhan listrik dari tiap perangkat.

Setelah melakukan up grade sistem audio, maka dipastikan bahwa kebutuhan listik dari system ini akan menyedot daya paling besar ketimbang system penunjang lainnya yang ada di dalam mobil.

Bagian dari system yang menyedot daya paling besar adalah amplifier (power) karena daya yang diperlukan adalah sebesar 40 watt sampai dengan tak terbatas (tergantung kelas amplifier).

Mengapa? Karena amplifier memiliki tugas yang sangat fital, yaitu menguatkan signal suara yang dihasilkan oleh head unit, yang kemudian di-drive kembali ke speaker dan subwoofer.



Maka dari itu kualitas suara yang kelak dihasilkan juga tergantung dari kelancaran arus listrik yang dipasok.Sebagai contoh untuk power dengan daya 4 X 100 wat biasanya menggunakan sekering berukuran 40 ampere dan mampu menahan daya sampai dengan 480 watt.

Meskipun kebutuhan dari tiap perangkat audio itu bisa terakumulasi dengan baik oleh system kelistrikan pada tiap mobil, karena tak melebihi kapasitas dari alternator yang bisa mencakupi dari 70 ampere hingga 100 ampere untuk mobil jenis Eropa. Tapi perlu diperhatiakan, sistem kelistrikan mobil harus juga diimbangi faktor kerapihan dan safety saat memasang agar tidak terjadi kebocoran arus.

Untuk pemakaian 2 power kapasitas listrik dari aki, baiknya minimal 70 amper, itupun harus memakai kapasitor bank dengan kapasitas 1 farad untuk 1 power.Untuk kapasitas aki juga bisa ditambah ampernya, tapi untuk kestabilan bisa memakai stabiliser aki.



0 komentar:

Post a Comment

Aturan berkomentar :

1. Penggguna yang terdaftar
2. Gunakan bahasa yang santun dan sopan
3. Dilarang SPAM
4. Dilarang menaruh link aktif dan link porno
5. Jika ada suatu permasalahan lihat komentar lain atau bisa kirim via e-mail

Aki untuk power audio